Pesona Seragam Batik Nambo Khas Banggai yang Dipesan di Hassa Batik

Batik nambo khas Banggai menjadi batik yang tidak kalah populernya dengan batik-batik lainnya yang ada di daerah Indonesia. Motif, warna, dan makna dari batik Banggai memberikan ciri khas yang tidak didapatkan pada batik lainnya. Sehingga inilah yang menjadi ciri khas dan karakteristik dari batik Banggai.

Bila Anda para pecinta batik jangan sampai lewatkan untuk mencari tahu tentang batik khas Banggai. Atau bisa juga menjadikannya koleksi dari pakaian batik yang telah Anda miliki. Penasaran dengan batik nambo khas Banggai langsung simak saja berbagai informasinya berikut ini.

Mengenal Batik Nambo Khas Banggai 

Batik nambo Banggai, sumber republika.co.id
Batik nambo Banggai, sumber: republika.co.id

Batik nambo adalah batik yang berasal dari salah satu kabupaten yang berada di provinsi Sulawesi Tengah. Menjadi salah satu daerah yang dikenal penghasil migas namun, seiring dengan perkembangan zaman Banggai mulai dikenal dengan sentra kerajinan, tekstil, dan lainnya.

Dengan mulai banyaknya pengrajin kain tenun di kecamatan Nambo, Banggai mulai mengembangkan sentra tekstil untuk dijadikan sebagai produk asli dan khas nya. Sehingga muncullah batik nambo khas Banggai yang kini telah populer di Indonesia.

Kain tenun Nambo merupakan kerajinan asli lokal warisan budaya yang diandalkan dari Kabupaten Banggai dan sering juga disebut dengan kampung batik. Dengan terus dikembangkan kini batik nambo Banggai sudah teruji Go Internasional dengan mulai banyak muncul di setiap ajang pameran.

Untuk motif batik nambo khas Banggai memiliki ragam motif yang cukup menarik dengan warna cerah. Karakteristik batik nambo memiliki motif yang kental dengan nuansa pesisir. Motifnya yang paling terkenal adalah burung Maleo (burung khas Banggai), cardinal fish, dan lain-lain.

Sejarah Singkat Batik Nambo Khas Banggai 

Belum ada informasi secara jelas tentang batik nambo khas Banggai yang merupakan kerajinan tekstil kebanggan dari provinsi Sulawesi Tengah. Namun, bisa dikatakan bahwa batik ini muncul dari keterampilan masyarakat lokal yang pandai dalam menenun.

Teknik tenun di Banggai salah satunya di Kecamatan Nambo sudah menjadi turun temurun dari generasi ke generasi. Sehingga keterampilan menenun masyarakat lokal masih cukup dilestarikan dan menjadi salah satu budaya yang merupakan warisan dari para leluhur.

Tenun nambo merupakan kearifan lokal yang telah menjadi kebanggan tersendiri bagi masyarakat Kabupaten Banggai. Hal ini dikarenakan memiliki nilai seni yang cukup tinggi dan layak untuk diunggulkan menjadi salah satu trend center ethic. Artinya adalah menjadi daya tarik dari sektor pariwisata di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Seiring dengan perkembangan zaman kain tenun nambo bukan hanya dijadikan menjadi produk batik saja. Melainkan ada beberapa produk lain yang menggunakan kain tenun diantaranya seperti sepatu, tas dan dekorasi rumah.  Namun, dari semua produk yang ada batik menjadi lebih diunggulkan karena memiliki daya tarik tersendiri dari berbagai motifnya.

Melalui batik juga provinsi Sulawesi Tengah cukup terkenal secara Internasional terutama Kecamatan Nambo sebagai sentra produksi batik nambo. Tidak heran bila kain tenun menjadi kerajinan tekstil yang memiliki nilai seni yang cukup tinggi. Karena bisa dijadikan berbagai jenis produk seperti batik.

Dengan mulai terus terkenalnya batik nambo khas Banggai baik secara Nasional dan Internasional. Menjadikan kain tenun nambo menjadi salah satu motif kain di Indonesia yang kini dijaga akan kelestariannya. Bukan lain karena hasil tenun yang dihasilkan memiliki nilai estetik yang bagus dan juga keren.

Ragam Motif Batik Nambo Khas Banggai 

Berikut ini beberapa motif batik nambo khas Banggai yang populer dan banyak digunakan diantaranya:

1. Motif Burung Maleo

Motif burung maleo, sumber kain tenun dan batik Luwuk
Motif burung maleo, sumber: kain tenun dan batik Luwuk

Motif batik burung Maleo diambil dari burung khas asli dari Sulawesi Tengah. Karena cukup ikonik sehingga dijadikan sebagai salah satu motif dari batik nambo Banggai. Motif maleo lebih dominan ditampilkan sehingga akan terlihat jelas pada motif batik.

Permainan warna cerah dan motif burung maleo membuat batik dengan motif ini terlihat lebih unik dan menarik. Ada juga beberapa motif tambahan untuk membuat motif batik burung maleo terlihat lebih indah dan sempurna.

2. Motif Cardinal Fish

Motif cardinal fish, sumber kain tenun dan batik Luwuk
Motif cardinal fish, sumber: kain tenun dan batik Luwuk

Selain terkenal dengan satwa burung Maleo Kabupaten Banggai juga terkenal dengan ikan hiasnya. Salah satunya yang paling terkenal adalah Cardinal Fish dan dijadikan sebagai motif batik. Tampilan dari motif Cardinal Fish nambo cukup menarik dan unik karena dibuat mirip dengan aslinya.

Hal menarik lainnya dari motif batik ini adalah ada beberapa bentuk motif yang ditambahkan untuk mendampingi motif utama yaitu, seperti bintang laut dan tumbuhan laut, dan lainnya. Sehingga motif Cardinal Fish batik nambo terlihat lebih hidup ditambah dengan permainan warna cerahnya yang tepat.

3. Motif Bunga Cengkeh

Motif bunga cengkeh, sumber shopee.co.id
Motif bunga cengkeh, sumber: shopee.co.id

Motif yang terinspirasi dari pohon cengkeh merupakan bahan rempah yang juga cukup terkenal di Sulawesi Tengah. Bentuk bunga cengkeh yang cantik dan unik sehingga dijadikan sebagai motif dari batik nambo khas Banggai.

Sama dengan motif batik nambo lainnya yang dominan menggunakan permainan warna cerah. Motif bunga cengkeh juga memiliki tampilan yang cukup indah dengan penambahan beberapa motif untuk membuat tampilannya lebih seimbang.

4. Motif Rumah Adat Kaili

Motif batik rumah adat Kaili adalah motif yang menggambarkan dari rumah adat asli dari Sulawesi Tengah. Rumah yang digunakan sebagai tempat tinggal raja sehingga, rumah ini memiliki kedudukan yang cukup tinggi.

Sebagai bentuk dari kebanggan rumah adat maka, rumah adat Kaili dijadikan sebagai motif batik nambo Banggai. Bangunan rumah yang cukup unik ditampilkan dengan baik pada motif batik. Tidak ketinggalan dengan penggunaan permainan warna cerah membuat batik dengan motif adat Kaili terlihat lebih bagus dan menarik.

Itulah batik nambo khas Banggai yang memiliki pesona yang sangat cantik dan menarik. Sehingga tidak heran bila cukup populer dan terkenal baik Nasional dan Internasional. Serta menjadi kebanggan dari masyarakat Sulawesi Tengah dari kerajinan tenun yang menjadi warisan budaya lokal.

Jika Anda tertarik dengan batik nambo khas Banggai bisa langsung saja kunjungi Batik Khas Nusantara untuk melihat berbagai koleksi dari produk hassa. Disana Anda akan menemukan batik Indonesia dengan kualitas terbaik.

Leave a Comment