Mengenal Daya Tarik Daerah Rokan Hulu, Salah Satunya Batik Khas Daerah

Rokan hulu atau yang disebut juga Rohul adalah salah satu kabupaten di Provinsi Riau, Indonesia yang dijuluki dengan “Negeri Seribu Suluk”. Kabupaten yang memiliki ibu kota Pasir Pengaraian ini memiliki luas wilayah 7.588,13 km persegi. Selain itu, masih banyak lagi daya tarik rokan hulu lainnya yang seharusnya kita ketahui bersama.

Negeri Seribu Suluk diartikan sebagai negeri yang banyak tempat berzikir. Hal tersebut dikarenakan banyaknya surau yang berdiri disana dan salah satu masjid yang iconic adalah Masjid Agung Islamic Center Rokan Hulu yang merupakan masjid terbesar di kabupaten Rokan Hulu.

Kabupaten ini mempunyai wilayah yang terdiri dari 85% daratan dan 15% daerah perairan dan rawa. Secara geografis kabupaten Rokan Hulu ini berbatasan langsung dengan Padang Lawas dan Labuhan Batu Selatan dari utara, Bengkalis dan Rokan Hilir dari timur, Kampar dari Selatan dan Pasaman dari daerah barat.

Berbicara tentang kabupaten satu ini, tentu saja tidak cukup dengan waktu yang sebentar bahkan tidak bisa diwakili hanya dengan tulisan singkat ini. Namun setidaknya pada tulisan ini Anda mendapatkan beberapa daya tarik Rokan Hulu yang jarang diketahui orang. Yuk disimak terus hingga akhir!

Kabupaten daya tarik Rokan Hulu, sumber: google.com
Kabupaten Rokan Hulu, sumber: google.com

Pahlawan Nasional Rokan Hulu

Istilah pahlawan nasional ada erat kaitannya dengan latar belakang historis tanah air ini, yang berupaya jiwa dan raga guna mendapatkan satu kata “merdeka”. Karenanya dari berbagai daerah di tanah air, ada banyak pahlawan nasionalnya dan salah satunya adalah pahlawan yang berasal dari rokan hulu yang sangat terkenal yakni Tuanku Tambusai.

Tuanku Tambusai merupakan salah seorang tokoh ulama, pemimpin dan pejuang yang juga sebagai salah seorang tokoh Paderi terkemuka. Bersama ketujuh tulama lainnya, Tuanku Tambusai merupakan salah satu anggota Harimau Nan Salapan, sebutan bagi pimpinan beberapa perguruan yang kemudian menjadi pemimpin dari Kaum Paderi. Tuanku Tambusai lahir dengan nama Muhammad Saleh di Dalu-dalu, nagari Tambusai, Rokan Hulu, Riau pada tanggal 5 November 1784.

Kuliner Khas Rokan Hulu

Setiap orang pastinya mengimpikan wisata kuliner sepuasnya saat berlibur di suatu tempat dan mencoba setiap makanan khas yang dimilikinya. Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki kuliner khas unik dan banyak diburu orang adalah kabupaten Rokan Hulu, di antaranya adalah:

Kokek Asam Durian

Kuliner satu ini terbuat dari bahan seperti petai dan ikan teri yang ditaburi dengan saus asam durian. Keunikan dari makanan ini adalah penggunaan rempah-rempah yang digiling halus. Untuk merasakannya Anda pun tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Lokasi yang recommended adalah Pasir Pengaraian, Kec Rambah, Rokan Hulu.

Putri Mandi

Masakan satu ini terbuat dari tepung ketan yang diberi campuran kuah kental santan. Kuliner satu ini sangat cocok dimakan sebagai hidangan pencuci mulut setelah mengkonsumsi hidangan khas rokan hulu lain.

Putri mandi, sumber: google.com
Putri mandi, sumber: google.com

Ongol Ongol

Kuliner selanjutnya adalah ongol ongol. Makanan ini terbuat dari bahan gula merah dan tepung sagu. Jajanan satu ini sangat mudah dikonsumsi karena sebelumnya telah dipotong dalam ukuran kecil, jadi saat menelannya sangat gampang. Jika Anda sebelumnya mengenal klepon, nah makanan ini mirip dengan jajanan tersebut.

Es Air Mata Pengantin

Saat mendengar nama kuliner satu ini mungkin Anda berimajinasi yang aneh-aneh. Namun jangan salah, kuliner satu ini berbeda sama sekali dengan namanya. Es air mata pengantin ini terbuat dari kombinasi biji selasih dan buah blewah.

Mie Sagu

Umumnya kita mengetahui bahwa mie terbuat dari tepung gandum namun berbeda dengan mie yang berasal dari Rokan Hulu ini, mie terbuat dari sagu. Anda bisa mendapatkan makanan khas ini bahkan di seluruh daerah di Kepulauan Riau.

Spot Wisata Terkenal Rokan Hulu

Apabila kita mau mengenal Rokan Hulu dengan lebih baik, maka akan didapatkan pengetahuan bahwa Kabupaten satu ini adalah ikonnya kota Riau. Ada banyak potensi wisata yang indah yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke tempat ini, di antaranya adalah:

Aek Martua

Spot ini adalah air terjun yang bertingkat tingkat. Secara kebahasaan orang-orang suku mandailing, aek martua ini memiliki arti air bertuah. Air terjun ini juga dikenal banyak orang dengan sebuat air terjun dengan seribu tangga yang berlokasi di Bangun Purba Timur Jaya.

Benteng Tujuh Lapis

Menjadi salah satu dari peninggalan budaya bangsa, benteng ini konon menjadi benteng pertahanan bangsa dalu dalu dan konon katanya benteng ini menjadi tempat dimana bangsa Indonesia melakukan serangan serangan ke Belanda. Benteng ini berlokasi di Tambusai Tengah.

Benteng tujuh lapis, sumber: google.com
Benteng tujuh lapis, sumber: google.com

Goa Huta Sikafir

Spot wisata ini berada di hutan yang ditumbuhi banyak pohon dengan ukuran besar yang dililit oleh akar-akar kayu. Dengan kondisi ini, membuat tampilan goa satu ini nampak menyeramkan. Karenanya spot satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin bertualang dan menguji keberanian.

Cipogas

Rasanya tidak lengkap kunjungan Anda ke Rokan Hulu jika belum bertandang ke tempat satu ini. Cipogas menawarkan pemandangan alam yang indah dengan banyak batuan berukuran besar yang dialiri gemericik air sungai. Makanya tak heran spot satu ini ramai diburu wisatawan.

Batik Khas Rokan Hulu

Batik adalah warisan budaya tanah air yang seiring waktu dan beralihnya masa diminati oleh banyak kalangan. Bukan hanya orang tua namun juga oleh para anak muda. Kabupaten Rokan Hulu memiliki 3 batik khas yang penuh dengan makna filosofis, yakni:

Batik Sicuriang

Batik dengan motif satu ini memiliki arti berhitung. Filosofinya bahwa orang Rokan Hulu itu penuh dengan perhitungan dalam mengambil keputusan dan dalam memilih wakilnya, orang Rokan Hulu menggunakan perhitungan suara.

Batik Suluo Kekaik

Batik dengan motif suluo kekaik ini mengandung arti saling terkait yang memiliki filosofi bahwa orang Rokan Hulu itu saling berkaitan, saling bersaudara, saling menghargai dan saling bekerjasama guna membangun kampung halaman.

Batik khas Rokan Hulu, sumber: google.com
Batik khas Rokan Hulu, sumber: google.com

Batik Sesuli Banja

Batik terakhir disebut batik dengan motif sesuli banja yang memiliki arti bunga ladang beraneka ragam. Filosofinya bahwa negeri Rokan hulu itu pluralitas, ada beraneka ragam suku, bangsa dan agama namun tetap rukun dan damai. Hal ini menjadi keunikan dan daya tarik sendiri yang membuat Rokan Hulu kuat dan maju.

Nah, itulah beberapa daya tarik rokan hulu yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel singkat ini memberikan wawasan bermanfaat kepada pembaca sekalian. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, yuk kunjungi dan ikuti terus laman resmi dari Batik Khas Daerah.

Leave a Comment